Workshop Asyik Membuat Tempe 2016

tempe super 1Sahabat LOH, bulan Februari selalu menjadi Ajang Asyik bagi komunitas LOH bersama Sahabat-sahabatnya. Meski masih merupakan puncak curah musim hujan, namun bulan Februari selalu cocok untuk beraktifitas in-door dalam bentuk aneka workshop. Jika melihat beberapa tahun ke belakang, maka bulan Februari selalu berisi kegiatan Membatik Asyik, entah itu di MuseumTekstil – Jakarta, Kampung Batik Palbatu – Tebet Jakarta Selatan maupun Batik Bogor Tradisiku – Bogor. Kali ini masih tentang keunikan dan kebesaran bangsa Indonesia, khususnya dari budaya Jawa, komunitas LOH mengajak para Sahabat LOH untuk melaksanakan Workshop Asyik Membuat Tempe 2016 di kota Bogor. 

Bogor yang terletak 60 Km di selatan kota Jakarta adalah sebuah kota yang selalu dinamis, baik dalam hal kegiatan budaya maupun dalam hal kebendaan dari masa lalu. Kota Bogor telah menjadi pusat Distro terdekat dengan kota Jakarta. Kota Bogor juga menjadi pusat kuliner pilihan terdekat dengan kota Jakarta yang mudah dicapai dalam waktu singkat. Salah satu mutiara budaya bangsa yang telah menunjukkan pesonanya adalah produksi Tempe Super dari kawasan Taman Cimanggu, Bogor. Di tempat pembuatan Tempe Super kita akan melihat cara memproduksi tempe secara bersih dan benar.

 

Pakar tempe dari Universitas Gajah Mada, ibu Mary Astuti mengungkapkan bahwa kacang kedelai tercatat di Serat Sri Tanjung dari abad XII dan XIII yang ditulis sebagai “kadele”. Juga terungkap bahwa dalam Serat Chentini dicatat perjalanan Mas Cebolang dari Candi Prambanan menuju Pajang sempat mampir di Tembayat/ Klaten dan oleh Pangeran Bayat lalu dijamu dengan lauk-lauk seadanya berupa tempe. Dalam buku The Book of Tempeh, Doktor Sastroamijoyo menyatakan bahwa tempe telah ada lebih dari 2000 tahun. Pada awalnya ada pembuatan sejenis kecap dari Cina menggunakan jamur Aspergillus oryzae. Namun sesuai ikim Jawa yang panas dan lembab maka digunakanlah ragi tempe dari jamur Rhizopus untuk memproduksi tempe.

 

Tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang mengikat biji-biji kedelai membetuk tekstur memadat. Tempe sebagai produk fermentasi melawan radikal bebas, menghambat proses penuaan, mencegah penyakit degenerative (aterosklerosis, jantung koroner, diabetes mellitus, hipertensi dan sejenisnya), mengandung zat anti bakteri penyebab diare, penurun kolesterol darah, mengandung vitamin B complex yang kaya, vitamin A, D, E dan K, kaya mineral zat besi, zat tembaga dan zink, maupun kaya antioksidan. Inilah makanan sehat berbasis bioteknologi produksi dari budaya Jawa yang sangat terkenal hingga ke seluruh dunia. Tempe telah mejadi asupan gizi berharga bagi para konsumen berbasis vegetarian, maupun mereka yang sedang mejalani diet khusus maupun sebagai makanan harian.

 

1. Penasaran ingin melihat cara membuat tempe yang mengutamakan prinsip-prinsip kebersihan dan secara baik?

 

2. Ingin menjadi saksi, pembelajar dan penerima inspirasi dari para pelaku produksi tempe yang bersih dan bermutu baik?

 

3. Penasaran ingin menyaksikan dan mengunjungi rumah sehat Tempe Super yang diproduksi di tengah-tengah pemukiman masyarakat dan bagaimana mereka menjalankan usahanya?

 

Yuk kita bergabung dalam tur spesial ini dan jadilah penyelamat warisan kuliner budaya bangsa, pembelajar kearifan para pelaku usaha produksi temped an ikut membantu meningkatkan gizi masyarakat dengan pola makan yang sederhana namun telah mempesona dunia.
“ Workshop Asyik Membuat Tempe 2016“

Hari/ Tgl : Sabtu, 13 Februari 2016
Waktu : 07:30 -13:00 WIB
Lokasi : Meeting point di Rumah Sehat TEMPE SUPER

Jl. Tanjung Sari Blok P7/16

Taman Cimanggu, Bogor
Susunan Acara:

07.30 – 08.30 Registrasi ulang di Rumah Sehat TEMPE SUPER
08.30 – 09.00 Pengantar menuju Tempe dan teknologinya
09.00 – 11.00 Hand-on workshop membuat tempe di bawah bimbingan praktisi

11.00 – 12.00 Diskusi dan tanya-jawab seputar tempe
12.00 – 13.00 Makan siang bersama dengan menu istimewa tempe

13.00 – selesai Acara berakhir
* Acara dapat berubah sesuai kondisi di lapangan

Registrasi HANYA Rp 120.000,- (seratus dua puluh ribu rupiah saja!)**, termasuk :
1. Tour Guide

2. Perizinan-perizinan
3. PIN ID Card
4. Sinopsis
5. Snack pagi dan air minum dalam kemasan

6. Makan siang

Info Lebih Lanjut :

Adjie Hadipriawan 0818-724483/ 021-98992030
Putu Dinarti 0813-14007607
Amel Gunawan 0812-8220770

DAFTAR SEKARANG…! Peserta Terbatas untuk 25 Orang !!

Pembayaran dapat ditransfer ke :
ACCOUNT BCA : # 521 500 7780 – A/N. Amelia Devina
Pastikan menyertakan 3 digit nomor handphone anda saat membayar.
misalnya nomor hp anda +62815 8551 0698, maka silakan transfer sejumlah Rp 120.698,-

Konfirmasi pembayaran Anda. sertakan NAMA, NOMOR HP, E-MAIL, jumlah orang yang mendaftar, dapat melalui :
a. Sms ke 0813 1400 7607 (Putu) / 0818 724 483 (Adjie).
b. E-mail ke loveourheritage@gmail.com dengan subjek “Workshop Asyik Membuat Tempe 2016”
c. Kirimkan fb message ke fb grup kami dengan subjek “Workshop Asyik Membuat Tempe 2016”.

Pendaftaran PALING LAMBAT kami terima pada hari Rabu, 10 Februari 2016.

Ketentuan untuk para peserta:

– Memakai pakaian yang sopan dan nyaman untuk beraktifitas workshop.
– Disarankan memakai alas kaki yang nyaman untuk walking tour.

– Disarankan untuk membawa payung atau topi, handuk, sunblock dan obat-obatan pribadi.

NB : Informasi di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi di lapangan dan SELURUH KEUNTUNGAN digunakan sebagai amal untuk kegiatan-kegiatan sosial, pelestarian seni, budaya dan peninggalan-peninggalan sejarah LOVE OUR HERITAGE.
PETUNJUK PERJALANAN

 

Bagi peserta yang menuju Bogor naik KRL CommuterLine, sangat disarankan naik KRL pada jadwal paling pagi. Setiba di Stasiun Bogor, jika beruntung masih bisa bertemu dengan para panitia dari komunitas Love Our Heritage (LOH) disekitar outlet Dunkin Donut yang berseragam kaos warna orange, sehingga bisa bersama-sama menuju Rumah Sehat Tempe Super. Bila anda tidak ada teman menuju Tempe Super, perlahan jalan keluar stasiun Bogor ke arah Taman Topi. Di sana carilah Angkot warna hijau nomor 12, tanyakan kepada sopirnya apakah itu angkot nomor 12 yang ke jurusan Taman Cimanggu yang lewat Pabuaran? Penumpang harus bertanya ke sopir Taman Cimanggi lewat Pabuaran. Jika jawabannya “ya”. Maka naiklah angkot tersebut dengan durasi kalau pagi hari sekitar 20-30 menit, minta turun di Masjid Darussalam. Lalu masuk ke Jalan Tanjung 8 (Jalan Puspa Pesona) sampai ketemu pertigaan dengan Jalan Tanjung 7 (Jalan Tanjung Sari). Ongkos angkot Rp 4.000,- sekali jalan per orang. Nomor hp Tempe Super 0856-91381615 atau 0813-15609464 atau 0877-70580423. Atau hubungi ke nomor hp panitia.

 
Let’s check it out together & Have Fun!!

Follow us on twitter @loveourheritage

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *